Skr - TM
PENGARUH VARIASI TEKANAN PENGKABUTAN BAHAN BAKAR PADA INJEKTOR MESIN DIESEL YANMAR TS50 TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL
Saat ini penggunaan mesin diesel makin berkembang pesat seiring dengan kemajuannya, mendorong kita harus berfikir maju untuk mengatasinya. Meskipun demikian masih terdapat kekurangan pengetehuan untuk mengetahui pengaruh variasi pola tekanan pengkabutan bahan bakar pada injektor, bahkan masih belum mengerti proses untuk mendapatkan pola pengkabutan yang lebih baik tanpa mengurangi dari kerja mesin itu sendiri. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh variasi pola tekanan pengkabutan bahan bakar pada injektor dengan metode variable load pada mesin diesel TS50 untuk mendaptkan unjuk kerja (performance) mesin yang lebih baik, sehingga para pembaca mampu dan mudah dapat mengerti prinsip operasi dan pola tekanan pengkabutan juga cara penggunaan agar motor pembakaran dapat dicapai tingkat efisiensi yang tepat. Pengujian dilakukan menggunakan Engine Test Bed Yanmar TS50 Diesel 4 langkah 1 silinder, dimana mesin diletakkan pada suatu bantalan yang kemudian poros output mesin dihubungkan dengan sebuah poros impeller mesin pengukur daya. Hasil dari pengujian bahwa dengan adanya penambahan atau pengurangan sim pada injektor untuk mendapatkan pola pengkabutan bahan bakar, mesin diesel mengalami perubahan nilai torsi dan daya. Kenaikan terjadi pada putaran 1980 rpm pada tekanan injektor 18 MPa lebih tinggi dari tekanan injektor 16 MPa. Pada putaran 1980 rpm untuk konsumsi bahan bakar tekanan injektor 18 MPa lebih rendah bila dibandingkan dengan tekanan injektor 16 MPa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain