PENGARUH TURBULATOR DENGAN SUDUT KEMIRINGAN BLADE 15º, 25º, 35º, PADA INTAKE MANIFOLD SEPEDA MOTOR 4-TAK TERHADAP UNJUK KERJA MESIN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh sudut kemiringan blade pengarah aliran nyang optimal terhadap unjuk kerja mesin dan pada berbagai kecepatan putar mesin (rpm). Dalam percobaan menggunakan dynotester. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar. Bahan bakar yang digunakan adalah premium dan pretamax plus. Pengaruh dari sudut blade dapat menaikan nilai torsi,daya dan menurunkan konsumsi bahan bakar tetapi pada putaran tinggi konsumsi bahan bakar boros.
Dari penelitian tersebut diperoleh bahwa manifold standart dengan bahan bakar premium menghasilkan nilai torsi 6,70 N/m pada putaran 4810 rpm sedangkan nilai daya 6,0 Hp pada putaran 7341 rpm, untuk manifold dengan sudut blade 15º menghasilkan nilai torsi 6,91 N/m pada putaran 4779 rpm dan nilai daya 5,9 Hp pada putaran 7557 rpm, manifold dengan sudut blade 25º menghasilkan nilai torsi 6,89 N/m pada putaran 4590 rpm dan daya 5,8 Hp pada putaran 6966 rpm, manifold dengan sudut blade 35º menghasilka nilai torsi 7,45 N/m pada putaran 4913 rpm sedangkan daya yang dihasilkan 6,1 Hp pada putaran 7664 rpm. Manifold standart dengan bahan bakar pertamax plus menghasilkan nilai torsi 6,86 N/m pada putaran 4751 rpm sedangkan nilai daya 6,1 Hp pada putaran 7516 rpm, untuk manifold dengan sudut blade 15º
menghasilkan nilai torsi 6,88 N/m pada putaran 4731 rpm dan nilai daya 5,8 Hp pada putaran 7239 rpm, manifold dengan sudut blade 25º menghasilkan nilai torsi 7,15 N/m pada putaran 4998 rpm dan daya 5,9 Hp pada putaran 7272 rpm, manifold dengan sudut blade 35º menghasilka nilai torsi 7,50 N/m pada putaran 4749 rpm sedangkan daya yang dihasilkan 6,2 Hp pada putaran 7406 rpm.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain