Skr - TS
PENGARUH ON STREET PARKING TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI KAWASAN PERTOKOAN (Studi Kasus, Jl. Pemuda Muntilan Jawa Tengah)
ABSTRAK
Kemacetan lalu lintas telah menjadi topik utama yang selalu menjadi masalah
terutama di negara berkembang dan salah satu penyebabnya adalah perparkiran di
badan jalan. Jalan Pemuda Muntilan merupakan jalan arteri yang volume lalu
lintasnya cukup padat, sehingga parkir di badan jalan sangat berpengaruh
terhadap kinerja ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
karateristik parkir dan karakteristik lalu lintas yang meliputi volume parkir,
akumulasi, tingkat pergantian (turn over), indeks parkir, durasi parkir, volume
kendaraan, kecepatan arus bebas dan kecepatan riil.
Metode yang digunakan dengan cara survei lapangan dan perhitungan mengacu
pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997).
Hasil analisis karakteristik parkir menunjukkan bahwa volume parkir puncak
sebesar 1001 kendaraan/hari dengan akumulasi sebesar 122 kendaraan/hari,
tingkat pergantian (parking turn over) sebesar 7 kendaraan/hari/ruang, indeks
parkir sebesar 76,47 %, durasi parkir rata-rata 44,8 menit. Kegiatan on street
parking berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan. Kecepatan arus bebas
sebesar 56,8 km/jam, setelah adanya parkir menjadi 40,81 km/jam, sehingga
terjadi penurunan kecepatan sebesar 15,99 km/jam. Pada jam-jam tertentu
akumulasi parkir telah melebihi kapasitas jalan, sehingga perlu disediakan lahan
parkir yang memadai.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain