Skr - FP
ANALISIS PEMASARAN KAWISTA (Limonia acidissima) DI KABUPATEN REMBANG – JAWA TENGAH
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui saluran pemasaran buah kawista di Kabupaten Rembang-Jawa Tengah, (2) Untuk mengetahui keuntungan pemasaran buah kawista yang terjadi di tiap saluran pemasaran, (3) Untuk mengetahui bagian harga yang diterima oleh pedagang dan petani, dan (4) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran yang terjadi pada tiap saluran. Metode dasar yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan uji t untuk mengetahui perbedaan keuntungan, bagian harga pedagang dan petani serta efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Saluran pemasaran buah kawista di Kabupaten Rembang diketahui terdapat tiga macam saluran pemasaran, (2) terdapat perbedaan keuntungan pemasaran di tiap saluran pemasaran, (3) Bagian harga yang diterima oleh petani lebih kecil daripada bagian harga yang diterima oleh pedagang, dan (4) Saluran pemasaran pendek lebih efisien daripada saluran pemasaran panjang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain