Skr - TS
ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA TRANSPORTASI MENGGUNAKAN KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DENGAN ANGKUTAN UMUM TRANS JOGJA
INTISARI
Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan kota pelajar didominasi oleh pengguna kendaraan roda dua. Kondisi tersebut menyebabkan masalah baru yaitu timbulnya kemacetan jalan. Pemerintah Kota Yogyakarta berusaha mengatasi masalah tersebut dengan menyediakan angkutan umum murah dan nyaman berupa Bus Trans Jogja. Dengan adanya sarana transportasi baru ini diharapkan pengguna kendaraan bermotor roda dua beralih menggunakan moda transportasi tersebut sehingga kemacetan jalan dapat diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung biaya operasional kendaraan bermotor roda dua, menghitung biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna angkutan umum Trans Jogja dan membandingkan besar biaya per kilometer pengguna kendaraan bermotor roda dua dengan bus Trans Jogja.
Survai dilakukan dengan cara wawancara secara langsung untuk mendapatkan data primer terhadap 50 responden Trans Jogja dan 50 responden pengguna kendaraan bermotor roda dua, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber dan instansi terkait. Biaya Operasi Kendaraan roda dua yang diperhitungkan meliputi biaya pajak, biaya BBM, biaya servis, biaya ban, biaya penggantian oli, biaya tak terduga, biaya penggantian suku cadang, dan biaya penyusutan kendaraan. Biaya pengguna Trans Jogja yang diperhitungkan adalah biaya menuju shelter awal, biaya tunggu di shelter, biaya dari shelter akhir ke tujuan, dan biaya tarif Trans Jogja. Selain biaya tarif bus biaya-biaya Trans Jogja di atas dipengaruhi oleh nilai waktu yang dihitung berdasarkan PDRB Propinsi D. I. Yogyakarta dan waktu kerja dalam satu tahun. Analisa dilakukan terhadap data sekunder dan data primer kendaraan bermotor roda dua serta bus Trans Jogja dengan cara rerata aljabar. Perhitungan Total Cost (Biaya Total) rata-rata roda dua dan bus Trans Jogja dibuat dengan beberapa model.
Kesimpulan dari hasil survai bahwa sebagian pengguna kendaraan bermotor roda dua pernah menggunakan bus Trans Jogja dengan alasan ingin mencoba, responden lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor roda dua dengan alasan lebih efektif dan efisien, tingkat kepuasan pengguna Trans Jogja mencapai 100 %. Analisa dibuat menjadi empat model yaitu Model 1 BOK roda dua tanpa nilai penyusutan dan tanpa nilai waktu untuk pengguna Trans Jogja. Model 2 BOK roda dua dengan nilai penyusutan dan tanpa nilai waktu untuk pengguna Trans Jogja. Model 3 BOK roda dua tanpa nilai penyusutan dan memperhitungkan nilai waktu untuk pengguna Trans Jogja. Model 4 BOK roda dua dengan nilai penyusutan dan memperhitungkan nilai waktu untuk pengguna Trans Jogja.Dari hasil hitungan diperoleh Model I total cost sepeda motor Rp. 365,10 dan Trans Jogja Rp. 1207,80; Model II total cost sepeda motor Rp. 630,21 dan Trans Jogja Rp. 1207,80; Model III total cost sepeda motor Rp. 365,10 dan Trans Jogja Rp. 2203,48; Model IV total cost sepeda motor Rp. 630,21 dan Trans Jogja Rp. 2203,48. Waktu tunggu di shelter yang terlalu lama cukup
mempengaruhi total cost pengguna Trans Jogja, Bus Trans Jogja tidak cocok digunakan oleh pekerja atau karyawan yang membutuhkan waktu cepat menuju ke
tempat pekerjaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain