ANALISIS BALOK GELAGAR JEMBATAN KALI KEJI DENGAN MENGGUNAKAN BALOK KONVENSIONAL BENTANG 25 M
INTISARI
Ruas jalan Mendut – Tanjungjapuan merupakan ruas jalan yang sangat penting bagi urat nadi perkembangan ekonomi di Kabupaten Magelang. Saat ini dihubungkan oleh jembatan yang umurnya sudah tua, turunan dan tikungan terlalu tajam dan sangat sempit. Maka perlu penggantian jembatan yang memadai dengan perencanaan yang matang. Disamping itu dalam melaksanakan jasa ini, konsultasi harus memperhatikan kriteria-kriteria dan metode kerja yang sesuai dengan kondisi lapangan agar semua pekerjaan yang diperlukan untuk malaksanakan kegiatan pembangunan jembatan ini akan diperoleh hasil yang maksimal. Kemudian dari pihak Pekerjaan
Umum (PU) memberitahukan agar dibuatkan beberapa alternatif jenis jembatan yang direncakan, sehingga dapat memenuhi persyaratan teknis, baik dari segi kualitas, kuantitas, biaya yang lebih baik. Alternatif jenis jembatan yang direncanakan ada 3 (tiga) macam, yaitu jembatan balok prategang, balok konvensional, dan rangka baja.
Dengan kesempatan ini akan dicoba membandingkan biaya konstruksi jembatan balok prategang dengan balok konvensional, data-datanya mengacu pada struktur jembatan yang telah direncanakan dengan menggunakan balok prategang bentang 25 m, jumlah balok dan jarak balok yang sama. Perencanaan pembebanan dihitung berdasarkan buku PPPJJR 1987. Perhitungan mekanika struktur jembatan menggunakan program komputer Etabs 8.0. Balok gelagar jembatan menggunakan balok persegi bertulangan rangkap. Perhitungan biaya harga balok digunakan Standar Departemen Pekerjaan Umum Magelang.
Berdasarkan perhitungan pada jembatan Kali Keji didapat hasil: Konstruksi jembatan dengan balok prategang dimensinya lebih kecil dibandingkan dengan konstruksi jembatan balok konvensional, tulangan yang dibutuhkan pada balok konvensional jauh lebih banyak jika dibandingkan balok prategang, biaya konstruksi jembatan balok prategang lebih murah dibandingkan dengan biaya konstruksi jembatan balok konvensional, dengan biaya ± 56,77 % lebih mahal dari jembatan dengan balok prategang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain