Skr - TM
PENGARUH VARIASI UKURAN PILOT JET DAN MAIN JET TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN UNJUK KERJA MESIN PADA MOTOR SHOGUN SP 125
ABSTRAK
PENGARUH VARIASI UKURAN PILOT JET DAN MAIN JET TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN UNJUK KERJA MESIN PADA MOTOR SHOGUN SP 125
Pilot jet dan main jet merupakan komponen yang berfungsi sebagai part karburator yang mensuplai banyak sedikitnya bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Dalam penelitian ini akan dikaji tentang penggunaan variasi ukuran pilot jet dan main jet yang berbeda terhadap unjuk kerja mesin dan konsumsi bahan bakar untuk membandingkan hasilnya melalui pengujian. Ukuran variasi pilot jet dan main jet yang digunakan adalah 12,5/92,5, 15/95 dan 17,5/97,5. Motor yang digunakan adalah SHOGUN SP 125.Karburator yang digunakan untuk pengujian ini adalah Karburator Jenis Skep Langsung Atau Velocity Monoblock (VM).
Pengujian unjuk kerja mesin menggunakan alat dynotester dengan cara motor uji dinaikan pada stand rool untuk menggerakan roda belakang. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah Daya (P) , Torsi (T), Putaran mesin (rpm) dan konsumsi bahan bakar. Dari hasil pengujian diketahui bahwa untuk penggunaan ukuran pilot jet dan main jet 17,5/97,5 ternyata nilai daya, torsi dan konsumsi bahan bakarnya lebih tinggi dibandingkan penggunaan ukuran pilot jet dan main jet yang lain.
Kata Kunci : Pilot jet, Main jet, Karburator, Daya, Torsi, Konsumsi bahan bakar,
Motor SHOGUN SP 125, Dynotester.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain