Skr - TI
APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN BAGI PEMULA BERBASIS MULTIMEDIA
ABSTRAK
Pembelajaran adalah perpaduan dua aktivitas, yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas belajar. Proses pembelajaran merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusia, yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar, dengan siswa sebagai subjek pokoknya. Bahasa Jerman merupakan salah satu Bahasa Asing yang banyak diminati. Saat ini perkembangan teknologi telah semakin pesat. Banyak pembelajaran telah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi terutama teknologi komputer. Oleh karena itu, penulis juga akan membuat suatu Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jerman Bagi Pemula Berbasis Multimedia dengan menggunakan teknologi komputer. Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jerman Bagi Pemula Berbasis Multimedia ini, berisi tentang materi perkenalan, angka, kata benda, kata sifat, kasus nominativ, hörverstehen (listening), kosa kata (wortchatz), dan kuis. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pembelajaran Bahasa Jerman menjadi lebih menarik, lebih interaktif, dan lebih menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam membuat aplikasi ini, yaitu studi literatur, teknik interview, pengembangan sistem, dan observasi. Aplikasi ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS3, Adobe Photoshop CS3, dan Audacity. Hasil ujicoba yang telah dilakukan dengan enam indikator yaitu kualitas tampilan pada aplikasi pembelajaran, kemudahan menggunakan aplikasi pembelajaran, materi yang diberikan pada aplikasi pembelajaran, komposisi dan kombinasi warna, kualitas tampilan gambar, kejelasan suara, memperoleh skor 22,70 dengan rata – rata 3,72 sehingga termasuk dalam kategori baik.
Kata kunci: Aplikasi Pembelajaran, Bahasa Jerman, Multimedia, Adobe Flash CS3, dan Adobe Photoshop CS3.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain