Skr - FP
ANALISIS PEMASARAN REMPEYEK DI DESA PELEMADU KECAMATAN IMOGIRI
INTISARI
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui saluran pemasaran rempeyek di Desa Pelemadu, Kecamatan Imogiri. (2) Untuk mengetahui margin pemasaran rempeyek di Desa
Pelemadu, Kecamatan Imogiri, dan (3) Untuk mengetahui tingkat efisiensi saluran distribusi
pemasaran rempeyek di Desa Pelemadu, Kecamatan Imogiri. Metode analisa yang digunakan
adalah: (1) Menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui saluran pemasaran rempeyek. (2) Menggunakan rumus: Margin= harga ditingkat konsumen-harga ditingkat produsen, untuk mengetahui margin pemasaran. (3) analisa uji t untuk mengetahui perbedaan efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis pada saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II. Hasil analisa menunjukkan bahwa (1) Saluran pemasaran rempeyek di Desa Pelemadu, Kecamatan Imogiri terdapat 2 macam saluran yaitu saluran I: Produsen-P.Pengumpul-P.Pengecer-Konsumen, dan saluran II: Produsen-Tengkulak-P.Pengumpul-P.Pengecer-Konsumen. (2) Besarnya margin pemasaran rempeyek yang diperoleh masing-masing lembaga pemasaran berbeda-beda, yaitu saluran pemasaran I sebesar Rp.733,33 dan saluran pemasaran II sebesar Rp.840. (3) Saluran pemasaran I tidak berbeda nyata dengan saluran pemasaran II dengan indeks efisiensi teknis saluran I sebesar 37,08 dan saluran II sebesar 38,33 kemudian diikuti dengan besarnya indeks efisiensi ekonomis saluran I yaitu 3,35 dan saluran II sebesar 3,24.
Kata Kunci: Saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain