Skr - EM
PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, SWITCHING BARRIERS, VOICE OF THE CUSTOMER TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BENGKEL OMEGA MOTOR DI YOGYAKARTA
ABSTRAK
Loyalitas konsumen suatu perusahaan diketahui sebagai faktor terpenting dalam keberhasilan suatu organisasi bisnis. Penelitian ini mencoba memahami pengaruh antara customer satisfaction (kepuasan pelanggan), switching barriers (rintangan pengalihan), voice of the customer (keluhan konsumen), dan loyalitas konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel bebas dan terikat. Data penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner dari 100 responden di objek penelitian. Hasilnya mengindikasi bahwa ketiga variabel bebas (customer satisfaction, switching barriers, voice of the customer) berpengaruh secara positif, simultan, dan signifikan terhadap variabel terikat (loyalitas konsumen). Dari ketiga variabel bebas tersebut, customer satisfaction merupakan
variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen.
Kata kunci : Customer Satisfaction, Switching Barriers, Voice Of The Customer, Loyalitas Konsumen.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain