Skr - FH
PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA DI BANJARMASIN
ABSTRAK
Sengketa Perbankan biasanya berawal dari terjadinya komplain yang diajukan nasabah kepada bank karena merasa dirugikan secara finansial. Upaya yang dilakukan nasabah antara lain dengan datang langsung ke bank, menelpon pada call center bank yang bersangkutan, menulis di media cetak misalnya pada surat pembaca, atau menyampaikan keluhan secara tertulis langsung kepada bank. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis mengambil judul: perlindungan hukum nasabah pada Bank Rakyat Indonesia di Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui mekanisme penyelesaian sengketa, (2)Untuk mengetahui hak dan kewajiban nasabah dalam mengadukan permasalahannya kepada pihak bank. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah metode yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang coba menggambarkan atau menguraikan secara rinci dan tepat mengenai fakta-fakta atau fenomena-fenomena. Data pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif, artinya analisis data berdasarkan apa yang diperoleh dari kepustakaan maupun lapangan, baik secara lisan maupun tertulis berdasarkan hukum yang berlaku. Kemudian diarahkan, dibahas atas dasar kualitas data untuk disimpulkan. Hasil penelitian ini untuk menjaga reputasi dan nama baik bank agar nasabah tetap percaya dan berbankir kepada Bank BRI, sehingga kelangsungan hidup bank terjaga.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain