Skr - EM
PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN IKLAN DI RADIO ELTIRA FM YOGYAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh simultan bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, dan publisitas) terhadap peningkatan volume penjualan iklan dan mengetahui variabel bauran promosi yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap volume penjualan iklan di radio Eltira FM Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada di radio Eltira FM Yogyakarta. Model penelitian adalah dengan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan ke perusahaan untuk mendapatkan data sekunder melalui data yang dimiliki oleh perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Begitu juga variabel publisitas memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan variabel promosi penjualan berpengaruh negatif terhadap volume penjualan. Variabel bauran promosi yang paling berpengaruh adalah variabel periklanan. Walaupun tidak semua variabel berpengaruh positif namun setelah diujikan dengan uji F diketahui bahwa semua variabel bauran promosi secara bersama - sama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap volume penjualan.
Kata Kunci: Volume Penjualan, Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain