Skr - EM
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK MOBIL TOYOTA AVANZA DI YOGYAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap kepuasan konsumen Toyota Avanza di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh positif ekuitas merek yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek terhadap kepuasan konsumen dari para pengguna mobil Toyota Avanza. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dengan taraf signifikansi 5%, uji asumsi klasik(uji multikolenieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas,), koefisiensi determinasi, serta koefisiensi derteminasi parsial dengan menggunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel ekuitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Toyota Avanza. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel ekuitas merek yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek, berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna Toyota Avanza. Besarnya pengaruh keempat variabel terhadap kepuasan adalah untuk Kesadaran merek sebesar 0,224, Persepsi Kualitas 0,235, Asosiasi Merek 0,416 dan Loyalitas Merek 0,181.
Kata kunci : kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain