PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JANABADRA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skr - EM

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PUSDIKLAT KEMENTERIAN DALAM NEGERI REGIONAL YOGYAKARTA

ANGGRAINI, Mila /Alumni EM - Nama Orang;

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pusdiklat Kemendagri Regional Yogyakarta.. Salah satu faktor yang menentukan kepuasan konsumen adalah persepsi konsumen mengenai kualitas pelayanan yang berfokus pada lima dimensi kualitas pelayanan yaitu wujud fisik, empati, jaminan, keandalan, dan daya tanggap. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan IV Pusdiklat Kemendagri Regional Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan IV Pusdiklat Kemendagri Regional Yogyakarta . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan dengan teknik Purposive sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis regresi berganda. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan IV Pusdiklat Kemendagri Regional Yogyakarta yang diperoleh dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, analisis koefisien determinasi (R2) dan analisis Koefisien Beta. Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi:
Y = -1.200+0.188 X1 +0.032 X2 + 0.135 X3 + 0.034X4 + 0.307 X5
Dimana variabel kepuasan nasabah (Y), wujud fisik (X1), keandalan (X2), jaminan (X3), daya tanggap (X4), dan empati (X5) berpengaruh positif namun signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil koefisien regresi yang didapat menunjukkan variabel bukti fisik (0,365) menjadi faktor dominan yang mempengaruhi kepuasan nasabah. Pengujian hipotesis menggunakan uji f menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang diteliti terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen kepuasan peserta. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa hanya variabel bukti fisik dan empati yang mempunyai pengaruh secara parsial terhadap kepuasan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,537 menunjukkan bahwa 53.7 persen variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh kelima variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 46,3 persen dijelaskan oleh faktor selain kualitas pelayanan.

Kata kunci : Kepuasan Konsumen, Wujud Fisik, Keandalan, Jaminan, Daya Tanggap dan Empati


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
658.8432 Ang p
Penerbit
Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra., 2014
Deskripsi Fisik
92hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
658.8432
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
April
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JANABADRA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik