Skr - EM
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PADA PT. SENTRA MULTIGAS UTAMA YOGYAKARTA
ABSTRAK
Salah satu strategi yang tepat di dalam kegiatan pemasaran PT Sentra Multigas Utama Yogyakarta untuk menawarkan produk yaitu dengan melakukan promosi. Dengan kegiatan promosi diharapkan memperoleh penjualan yang sudah ditargetkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan signifikan antara biaya promosi dengan penjualan pada PT. Sentra Multigas Utama Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan sama dengan sampel yaitu data biaya promosi dan penjualan dari PT Sentra Multigas pada periode 2006 sampai 2012. Data dikumpulkan dengan menggunakan studi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,799 dan hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara variable Biaya promosi dengan penjualan. Koefisien korelasi tersebut dapat dikategorikan dalam interpretasi sedang. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat signifikansinya menggunakan batas kesalahan 0,05 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,031. Hasil analisis diperoleh bahwa nilai signifikansi 0,031 lebih kecil dari batas signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa biaya promosi dengan penjualan pada PT Sentra Multigas Utama Yogyakarta mempunyai hubungan positif signifikan. Dengan begitu hendaknya perusahaan selalu menggunakan promosi yang lebih bervariasi dalam strategi pemasaran agar memperoleh penjualan yang optimal.
Kata kunci : biaya promosi, volume penjualan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain