Skr - EM
PENGARUH ATRIBUT PRODUK PEMBERSIH WAJAH OVALE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI DI KELURAHAN TIRTONIRMOLO, KECAMATAN KASIHAN, KABUPATEN BANTUL, DIY
Pembersih wajah Ovalle All in One atau yang sering disingkat Ovale
merupakan produk inovatif dari PT. KinoCare Era Kosmetindo yang pertama kali
di-launching pada tahun 1999 sebagai produk pioner pembersih wajah satu
langkah, yang mengkombinasikan pembersih dan penyegar. Konsep produk Ovale
All in One ini unik dan memiliki diferensiasi dari produk sejenis dimana produkproduk
pembersih pada umumnya memisahkan penggunaan pembersih (milk
cleansing) dan penyegar (toner) dalam dua tahap. Dari sekian banyak atribut yang
melekat pada produk pembersih wajah Ovale, penelitian ini hanya menspesifikkan
pada lima atribut saja, yaitu atribut merek, kualitas, desain, kemasan, dan harga
yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh atribut-atribut produk (merek, kualitas, desain,
kemasan, dan harga) Ovale terhadap keputusan konsumen untuk membeli.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif,
dangan menggali data dari sumber primer dan sekunder. Dalam penelitian ini
analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap
keputusan konsumen untuk membeli, menggunakan analisis regresi linier
sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner dan dokumen. Teknik pengukuran dalam penelitian ini menggunakan
skala Likert.
Variabel independen yaitu merek, variabel kualitas, dan variabel harga
masing-masing memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen
yaitu variabel keputusan konsumen untuk membeli. Sedangkan dua variabel
independen lainnya, yaitu variabel desain dan variabel kemasan tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap variabel dependen, yaitu variabel keputusan konsumen
untuk membeli. hasil perbandingan antara Fhitung dan Ftabel yang menunjukan nilai
Fhitung sebesar 13,638 sedangkan Ftabel sebesar 2,30. Dari hasil tersebut terlihat
bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 13,638 > 2,30, maka dapat disimpulkan bahwa secara
simultan H0 ditolak, artinya seacara bersama-sama atau secara simultan varibel
independen yaitu variabel atribut produk yang meliputi merek, kualitas, desain,
kemasan, dan harga secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen
yaitu variabel keputusan konsumen untuk membeli.
Kata Kunci: Pengaruh Atribut Produk, Ovale, merek, kualitas, desain, kemasan,
harga, keputusan pembelian konsumen
| 15/EM/Perp-UJB/IV/16 | 658.403 MUR p | R - Referens | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Tidak tersedia versi lain