Skr - EM
PENGARUH KELAS SOSIAL DAN PEMBERIAN INFORMASI PRODUK TERHADAP PERILAKU MAHASISWA DALAM MENGKONSUMSI BUKU DENGAN PERILAKU MEMBACA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelas sosial
(tingkat pendapatan) dan pemberian informasi produk (tingkat kepekaan terhadap
informasi) terhadap perilaku membeli (tingkat minat beli) buku dengan perilaku
membaca (tingkat minat baca) sebagai variabel intervening. Penelitian ini
dilakukan pada bulan oktober 2015 sampai februari 2016 di Universitas
Janabadra Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 100 responden adalah
mahasiswa yang terdaftar masih aktif di Fakultas Ekonomi Program Studi
Manajemen Universitas Janabadra Yogyakarta. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis regresi berganda dan analisis jalur dengan taraf signifikansi α =
5% atau 0,05. Secara bersama-sama, variabel kelas sosial dan variabel pemberian
informasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel perilaku
membaca. Secara individual, hanya variabel kelas sosial yang berpengaruh positif
dan signifikan terhadap variabel perilaku membaca sedangkan variabel
pemberian informasi produk berpengaruh sebaliknya. Secara bersama-sama,
variabel kelas sosial, variabel pemberian informasi produk dan variabel perilaku
membaca berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku membeli buku
oleh mahasiswa. Secara parsial, variabel kelas sosial, variabel pemberian
informasi produk dan variabel perilaku membaca berpengaruh positif dan
signifikan terhadap perilaku membeli buku oleh mahasiswa. Karena variabel
kelas sosial, variabel pemberian informasi produk dan variabel perilaku membaca
signifikan terhadap variabel perilaku membeli, tetapi variabel pemberian
informasi produk tidak signifikan terhadap variabel perilaku membaca maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini variabel perilaku membaca
tidak dapat dijadikan variabel intervening antara variabel pemberian informasi
produk dan variabel perilaku membeli.
| 33/EM/Perp.UJB/X/201 | 302.35 Dom p/16 | R - Referens | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain