Skr - EM
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN MOBIL XENIA DI YOGYAKARTA
ABSTRAK
Yogyakarta merupakan kota yang sedang mengalami pertumbuhan sehingga
menjadi lahan bagi tumbuhnya bisnis layanan transportasi atau jasa. Hal ini terlihat
dari banyaknya showroom mobil. Banyaknya showroom mobil membuka persaingan
pasar mobil semakin ketat, tidak terkecuali Daihatsu Xenia. Persaingan dapat
membawa keuntungan bagi konsumen, maupun mendatangkan ancaman bagi
pemasar sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk mempertahankan dan
memenangkan persaingan tersebut.
Beragam mobil jenis MPV telah beredar di pasar yang menyebabkan konsumen
kesulitan dalam keputusan pembelian. Salah satu cara yang dilakukan perusahaan
adalah melalui pengembangan identitas merek. Merek yang kuat mampu memberikan
pedoman, jaminan, kekuatan, keyakinan, harapan pada konsumen agar terpuaskan
dengan merek tersebut.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness, perceived
quality, brand associations dan brand loyalty terhadap niat pembelian mobil Xenia di
Yogyakarta. Sampel diambil sebanyak 100 orang konsumen yang memiliki potensi
membeli mobil Xenia di Yogyakarta dengan teknik purposive sampling. Selanjutnya
data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Keseluruhan data diuji
dengan analisis regresi linear berganda yang didukung uji F, t dan koefisien
determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian baik karena semua
variabel bebas (brand awareness, perceived quality, brand association dan brand
loyality) berpengaruh secara bersama-sama terhadap niat pembelian mobil Xenia di
Yogyakarta. Hal ini terlihat dari nilai F sebesar 185,211 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000. Kemampuan model untuk mengukur variabel niat pembelian
ditunjukkan pada nilai Adjusted R2 sebesar 88,6%. Namun dengan uji t terlihat
bahwa hanya variabel brand awareness yang secara parsial berpengaruh terhadap niat
pembelian mobil Xenia di Yogyakarta. Sedangkan variabel perceived quality, brand
association dan brand loyalty tidak signifikan berpengaruh terhadap niat pembelian
mobil Xenia di Yogyakarta.
Kata Kunci : Equitas Merek (brand awareness, perceived quality, brand association
dan brand loyalty), Niat Pembelian
| 35/EM/Perp.UJB/X/201 | 658.834 Des p/16 | R - Referens | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain