Skr - EM
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT MIROTA KAMPUS CABANG BABARSARI YOGYAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelangan terhadap loyalitas pelanggann PT. Mirota Kampus Cabang Babarsari Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang berjumlah 100 lembar kepada pelanggan PT. Mirota Kampus Cabang Babarsari Yogyakarta. Dalam menentukan sample penulis menggunakan teknik pertimbangan tertentu, dimana pertimbangan tersebut adalah pelanggan yang menjadi responden adalah pelanggan yang pernah berbelanja dalam satu bulan terakhir dan pelanggan yang pernah berbelanja minimal dua atau lebih. Data penelitian ini di analisis dengan bantuan SPSS. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis instrumen, analisis kualitatif dan kuantitatif yaitu: regresi linear berganda dengan uji F dan uji t, koefisien determinasi (R2).
Adapun variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas, yaitu kualitas pelayanan pelayanan (X1), dan kepuasan pelanggan (X2), sedangkan variabel terikatnya yaitu loyalitas pelanggan PT. Mirota Kampus Cabang Babarsari (Y). Hasil dari analisis ini menunjukkan nilai koefisien seluruhnya positif, maka hal ini berarti kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif sejalan terhadap variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan secara simultan kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Mirota Kampus Cabang Babarsari (Y). Kemudian uji t, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Mirota Kampus Cabang Babarsari. Angka Adjusted R Square sebesar 0,630 menunujukka bahwa 63% variasi Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 37% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan.
| 42/EM/Perp.UJB/X/201 | 658.834 Led a/16 | R - Referens | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain