Skr - EA
PENGARUH CORPORAE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN (FIRM SIZE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) apakah corporate social responsibility
berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) apakah kinerja keuangan berpengaruh terhadap
nilai perusahaan, dan (3) apakah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris yang menggunakan data sekuder.
Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia
selama periode 2013-2015 sebanyak 30 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan
dokumentasi berupa laporan keuangan yang diambil dari Indonesian Stock Exchange (IDX)
dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2013 dan 2015. Teknik analisis data
menggunakan teknik uji regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) corporate social responsibility berpengaruh
positif terhadap nilai perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar
89,033 dan nilai signifikansi sebesar 0,034 lebih kecil dari toleransi kesalahan =0,05; (2)
kinerja keuangan berpengaruf positif terhadap Nilai Perusahaan, hal ini dibuktikan dengan
nilai koefisien regresi sebesar 619,606 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari
toleransi kesalahan =0,05; dan (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai
perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisen regresi sebesar -2,967 dan signifikansi
0,820 lebih besar dari toleransi kesalahan =0,05.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan (firm
size), Nilai Perusahaan
| 48/EA/Perp.UJB/X/201 | 659.2 Bal p/16 | R - Referens | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain