Skr - EA
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM MANUNGGAL MAKMUR KANTOR CABANG YOGYAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kualitas pelayanan melalui variabel-variabel
tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphatydantransparancy
terhadap kepuasan anggota pada Koperasi Simpan Pinjam Manunggal Makmur
Kantor Cabang Yogyakarta yang dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan antar
badan koperasi dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga koperasi harus
membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa
pasar yang lebih tinggi. Penelitian ini mencoba mengetahui variabel-variabel yang
mempengaruhi kepuasan anggota terhadap pelayanan jasa di Koperasi Simpan
Pinjam Manunggal Makmur Kantor Cabang Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis pengaruh masing – masing variabel, kehandalan (X1),jaminan (X2),
bukti fisik (X3), komunikasi (X4 ),cepat tanggap (X5)) dan transparancy (X6)
terhadap kepuasan anggota (Y).
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner
terhadap 84 orang responden pengguna jasa di Koperasi Simpan Pinjam
Manunggal Makmur Kantor Cabang Yogyakarta dengan mengunakan metode
aksidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masingmasing
variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh
berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji
validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda yang
berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah
memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga
menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = Y = 0,153+0,320X1+0,093X2+0,114X3+0,149X4+0,140X5+0,116X6
Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel bukti fisik (X1), kehandalan
(X2), jaminan (X3), kepedulian (X4), cepat tanggap (X5) dan keterbukaan (X6)
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota. Pengujian
hipotesis menggunakan uji tmenunjukkan bahwa enam variabel independen yang
diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasan
anggota. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel bukti fisik (X1),
kehandalan (X2), jaminan (X3), kepedulian (X4), cepat tanggap (X5) dan
keterbukaan (X6) berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam kepuasan
anggota. Nilai Adjusted
| 60/EA/Perp.UJB/X/201 | 658.83 Ris p/16 | R - Referens | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain