Skr - EA
PENGARUH KESADARAN, PEMAHAMAN, PERSEPSI, TINGKAT KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA WATES
INTISARI
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : buktik empiris
tentang pengaruh kesadaran, pemahaman, persepsi, tingkat kepercayaan, dan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak.
Variabel penelitian ini adalah kesadaran, pemahaman, persepsi, tingkat
kepercayaan, kualitas pelayanan dan kemauan membayar pajak. Populasinya adalah
keseluruhan wajib pajak di kantor Pelayanan Pajak Pratama Wates. Sampel sebagian
dari populsi sebesar 68 responden. Teknik pengambilan sampel non-probability
sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Teknik
Analisis Data regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Pemahaman berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Persepsi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Kepercayaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemauan membayar pajak.. Kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Kesadaran, pemahaman,
persepsi, tingkat kepercayaan, dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai
pengaruh terhadap variabel terikat yaitu kemauan membayar pajak. Kemauan
membayar pajak dipengaruhi kesadaran, pemahaman, persepsi, tingkat kepercayaan,
dan kualitas pelayanan sebesar 63,1%. Sedangkan sisanya sebesar 36,9% dipengaruhi
faktor lain.
Kata Kunci : Kesadaran, Pemahaman, Persepsi, Tingkat Kepercayaan, Kualitas
Pelayanan Dan Kemauan Membayar Pajak
| 64/EA/Perp.UJB/X/201 | 657.7 Nov p/16 | R - Referens | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain