Skr - EA
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), KEPUASAN PELANGGAN DAN RETENSI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN DI BMT AL BAROKAH YOGYAKARTA
ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia menyebabkan perkembangan di
berbagai sektor industri yang ada. Tidak lepas dari hal tersebut, salah satu sektor
industri yang cukup berkembang di Indonesia adalah perbankan terutama pada
perbankan syariah. Salah satu produk unggulan dari perbankan syariah adalah
bentuk pembiayaan murabahah. Bentuk pembiayaan murabahah merupakan salah
satu bentuk kegiatan usaha pembiayaan di BMT Al Barokah. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Realtionship
Management (CRM), Kepuasan Pelanggan dan Retensi pelanggan terhadap
Loyalitas Nasabah pada produk pembiayaan di BMT Al Barokah secara parsial.
Populasi dari penelitian ini adalah nasabah di BMT Al Barokah
Yogyakarta yang berjumlah 456 nasabah dengan sampel sebanyak 121 nasabah.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner 5 point
skala likert. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas data serta
uji hipotesis menggunakan uji regresi liniear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Realtionship
Management (CRM), Kepuasan Pelanggan dan Retensi pelanggan berpengaruh
positif terhadap Loyalitas Nasabah pada produk pembiayaan di BMT Al Barokah
secara parsial.
Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), Kepuasan
Pelanggan, Retensi Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
| 73/EA/Perp.UJB/X/201 | 658.834 Ali p/16 | R - Referens | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain